Mengenal Karakteristik Bahan Kain Wol yang Bisa Digunakan untuk Pembuatan Sajadah

Saat ini, ada banyak sekali variasi sajadah yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah sajadah yang terbuat dari bahan kain wol. Jenis sajadah yang satu ini mampu menawarkan keistimewaan tersendiri dalam hal kualitas dan kenyamanan saat digunakan dalam ibadah.

Kain wol berasal dari serat hewan dan dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat memberikan sensasi nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Material ini juga memiliki sifat yang menyerap keringat dengan baik, sehingga tidak membuat pengguna merasa gerah. 

Selain itu, tekstur kain wol yang lembut dan hangat juga memberikan rasa nyaman saat digunakan. Lantas apakah kain wol cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan sajadah? Agar lebih jelas ini penjelasan seputar karakteristik, kelebihan, dan kekurangan kain wol.

Mengenal Karakteristik Bahan Kain Wol

Karakteristik bahan kain wol, Sumber: cleanipedia.com
Karakteristik bahan kain wol, Sumber: cleanipedia.com

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kain wol mampu menjadi salah satu jenis bahan tekstil yang paling banyak digunakan. Sebab bahan ini memiliki sifat ramah lingkungan karena reusable atau bisa digunakan berkali-kali dan dapat didaur ulang.

Meski demikian, wol juga termasuk jenis kain yang tahan lama namun tetap mudah terurai secara alami di dalam tanah. Bahan ini bersifat anti air secara alami pada bagian permukaan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa para pemakainya tetap merasa kering dan nyaman bahkan saat cuaca lembab.

Uniknya pada bagian tengah serat kain wol dapat menyerap air hingga dua kali beratnya namun tetap terasa kering ketika disentuh. Daya serapnya yang hebat mampu membuat kain wol menjadi anti keruh dan tidak mudah terbakar.

Pemanfaatan kain wol terbilang cukup populer di industri tekstil Eropa, Amerika, dan beberapa negara lainnya yang memiliki musim dingin. Berkat karakteristiknya yang tebal, kain wol jadi pilihan ideal untuk menghangatkan badan menghalau udara dingin.

Harga kain wol juga terbilang cukup beragam berdasarkan jenisnya. Mulai dari kain wol murni hingga kain wol campuran. Pemanfaatan kain wol dalam industri tekstil juga terbilang cukup beragam. Mulai dari mantel, baju-baju modern klasik, sweater, jaket, sajadah, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Wol

Kelebihan dan kekurangan kain wol, Sumber: ozzakonveksi.com
Kelebihan dan kekurangan kain wol, Sumber: ozzakonveksi.com

Meski kain wol jadi salah satu bahan andalan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, namun tetap memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang patut dipertimbangkan. Lantas apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari kain wol? Ini dia penjelasannya.

1. Lembut saat Disentuh

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kain wol merupakan bahan yang sangat halus dan terasa lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika kain wol mampu memberikan kenyamanan yang optimal bagi para pengguna.

2. Menyimpan Kelembaban

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa kain wol mampu menyerap udara dan air tanpa membuatnya terasa basah. Berkat kemampuannya yang dapat menyimpan kelembaban secara alami, kain ini tidak menimbulkan listrik statis. Jadi lebih sedikit mengikat debu dan serat halus

3. Elastis dan Kuat 

Secara garis besar kain wol tergolong lebih kuat dibandingkan dengan kain sutra. Bukan hanya itu saja bahkan kain wol juga bersifat elastis, sehingga mudah kembali ke bentuk semula. Alasan inilah yang membuat kain wol tidak mudah kusut dan anti kerut.

4. Resisten Debu dan Kotoran

Mengingat struktur dan lapisan protein alaminya, material ini cenderung lebih resisten terhadap kotoran dan cairan berbahan dasar minyak. Meski demikian, namun kain wol tidak tahan terhadap cairan non minyak terutama yang memiliki pigmentasi kuat seperti kopi dan wine.

Mengapa bisa demikian? Sebab pigmen warna tersebut bisa dengan mudah melekat ke serat wol dan sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu Anda perlu ekstra hati-hati agar tidak meneteskan atau menumpahkan minuman ke produk berbahan dasar wol.

5. Berpotensi Berjamur

Mengingat sifatnya yang mudah menyerap uap air, produk dari bahan kain wol tidak cocok diletakkan di dekat area yang terlalu lembab. Sebab jika terlalu banyak menyerap uap air dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Hal ini juga dapat membuat kain wol kehilangan kekuatannya dan menjadi lebih mudah rusak.

6. Sensitif Terhadap Sinar Matahari

Selain beberapa hal di atas, kain wol juga lebih sensitif terhadap sinar matahari langsung. Jika terkena paparan sinar matahari langsung terlalu lama akan membuat warnanya menjadi memudar. Jadi pastikan untuk meletakkan produk yang terbuat dari kain wol di area yang tidak terkena matahari sepanjang hari.

7. Dapat Diserang Serangga

Tahukah Anda jika bahan kain wol ternyata mengandung protein yang disukai oleh serangga tertentu. Jadi jangan terkejut jika mendapati tekstil, pakaian, sajadah, atau karpet wol yang berlubang secara tiba-tiba. Sebagai langkah pencegahan, produsen biasanya akan memberikan lapisan pelindung dari bahan kimia yang dapat mengusir serangga pemakan wol.

Dapatkan Sajadah yang Aman dan Nyaman di Sajadahcustom.com

Jasa Pembuatan Sajadah Custom, Sumber: sajadahcustom.com
Jasa Pembuatan Sajadah Custom, Sumber: sajadahcustom.com

Sajadah merupakan salah satu perlengkapan penting dalam beribadah bagi umat muslim. Saat ini, banyak toko yang menawarkan berbagai macam sajadah travel custom sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. 

Namun perlu diingat bahwa tidak semua jenis sajadah cocok untuk digunakan dalam ibadah, terutama sajadah wol. Sajadah wol adalah sajadah yang terbuat dari bahan wol atau bulu domba. Kesan mewah dan nyaman merupakan kelebihan utama sajadah wol. 

Namun bahan wol mudah menyerap air dan kotoran. Jadi sulit untuk dibersihkan dan dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri. Sebagai gantinya, pilihlah sajadah dari bahan yang lebih mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Di Sajadahcutom.com Anda bisa mendapatkan sajadah sholat yang aman dengan kualitas terbaik.

Leave a Comment