Jelang Puasa, Inilah 5 Amalan saat Ramadhan yang Bisa Anda Persiapkan

Hanya dalam hitungan hari lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Menyambut datangnya bulan suci terdapat beberapa amalan saat Ramadhan serta doa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keberkahan. 

Seperti yang sudah diketahui bahwasanya Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh keberkahan dan kemuliaan. Bahkan sebuah hadis juga menyebutkan bahwa pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup pada bulan suci Ramadhan.

“Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR Ahmad)

Amalan saat Ramadhan untuk Menyambut Bulan Suci

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim. Sebab pada bulan ini setiap orang berlomba-lomba untuk melakukan amalan dengan harapan mendatangkan kebaikan dan pahala dari Allah. 

Amalan bulan Ramadhan, Sumber: promediateknologi.id
Amalan bulan Ramadhan, Sumber: promediateknologi.id

Dalam agama Islam sendiri terdapat beberapa amalan saat Ramadhan yang dapat dilakukan untuk menambah pahala. Dengan kemuliaan ini, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk senantiasa memperbanyak amalan baik wajib maupun sunnah. 

Lantas apa saja sih bentuk amalan di bulan suci Ramadhan yang dapat dilakukan oleh umat muslim? Nah ini dia beberapa bentuk amalan yang bisa Anda lakukan selama bulan suci Ramadhan. Semoga Ramadhan menjadi momen penuh berkah dan ampunan bagi Anda.

1. Itikaf

Amalan saat Ramadhan pertama yang sayang untuk dilewatkan adalah melakukan itikaf. Itikaf adalah berdiam diri di masjid dengan tujuan semata-mata untuk beribadah kepada Allah dan mendatangkan pahala melimpah. 

Itikaf juga tidak hanya sebatas berdiam diri, namun juga harus diawali dengan niat beritikaf. Itikaf juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu itikaf nazar, itikaf tidak terikat waktu, dan itikaf terikat waktu. 

Dalam hadis riwayat Abu Sa’id Al-Khudri Rasulullah bersabda “Aku pernah melakukan itikaf pada 10 hari Ramadhan yang pertama. Aku berkeinginan mencari lailatul qadar pada malam tersebut. Kemudian aku beriktikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa lailatul qadar itu di 10 hari yang terakhir. “

Membaca Al-Quran, berdzikir, sholat, dan memohon ampunan juga merupakan bagian dari i’tikaf. Melakukan itikaf sangat dianjurkan, terutama pada 10 malam terakhir Ramadhan dengan harapan bisa menyaksikan malam lailatul qadar. 

Di Indonesia ada banyak sekali Masjid unik hingga masjid bersejarah yang bisa menjadi pilihan tempat itiikaf Anda, sebagai alternatif Masjid sekitar rumah. Pastikan memilih lokasi itikaf yang kondusif demi kenyamanan itikaf di 10 malam terakhir.

2. Perbanyak Membaca Al-Quran dan Bersedekah

Adab membaca Al Quran, Sumber: riwaqalquran.com
Membaca Al Quran, Sumber: riwaqalquran.com

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran. Rasulullah juga senantiasa membaca Al-Quran bersama malaikat Jibril di setiap malam Ramadhan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa umat muslim dianjurkan untuk rutin membaca Al-Quran. 

One day one juz adalah alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mengkhatamkan Al-Quran selama bulan suci Ramadhan. Selain itu bersedekah juga menjadi hal yang sangat dianjurkan. Sebab di dalam harta kita terdapat hak orang lain yang perlu disisihkan dengan bersedekah. 

Meski demikian, bersedekah juga harus dilakukan berdasarkan hati yang lapang tanpa ada maksud duniawi. Selama bulan suci Ramadhan bentuk sedekah dapat dilakukan dalam bentuk apa saja. Baik itu benda, makanan, tenaga, dan lain sebagainya. 

3. Berdoa dan Berbuka Tepat Waktu

Amalan saat Ramadhan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berdoa dan berbuka tepat waktu. Perlu untuk dipahami bahwasanya menjalankan ibadah puasa harus dilakukan sesuai dengan aturan. 

Umat muslim memang diperintahkan untuk mengejar pahala sebanyak-banyaknya namun masih dalam tahapan wajar. 

Maksud dalam hal ini adalah apabila telah datang waktu berbuka maka segeralah mengakhiri puasa. Sebab menunda waktu berbuka tidak akan mendatangkan pahala karena sejatinya beribadah adalah kegiatan yang tidak memberatkan manusia. 

Selain itu jangan lupa untuk melafalkan doa berbuka puasa dengan tidak terburu-buru. Bersyukur dan nikmati karunia yang telah Allah berikan juga merupakan salah satu upaya yang dapat memudahkan Anda selama menjalani kewajiban berpuasa. 

4. Mengakhirkan Makan Sahur

Mengakhiri makan sahur, Sumber: qoala.app
Mengakhiri makan sahur, Sumber: qoala.app

Sahur adalah kegiatan makan malam di waktu dini hari sebelum umat muslim memulai melaksanakan ibadah puasa. Biasakan untuk melakukan sahur pada pukul 02.00 hingga datangnya waktu subuh. 

Mengakhiri makan sahur ternyata dapat mendatangkan pahala jika memilih mendahului shalat subuh daripada melanjutkan makan. 

Hal ini sejalan dengan hadis Rasulullah dari Shal Ibnu Sa’ad r.a yang berbunyi. “Saya makan sahur di keluarga saya, kemudian saya berangkat terburu-buru sehingga saya mendapatkan sahur subuh bersama Rasulullah.”  (HR Al-Bukhari)

5. Qiyamul Lail

Berdoa di sepertiga malam, Sumber: liputan6.com
Berdoa di sepertiga malam, Sumber: liputan6.com

Sebenarnya apa sih qiyamul lail itu? Qiyamul lail merupakan rangkaian ibadah malam selama bulan suci Ramadhan yang memiliki banyak sekali keutamaan. Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim yang berbunyi. 

“Rasulullah SAW menganjurkan qiyam (shalat) Ramadhan kepada mereka (para sahabat) tanpa perintah wajib. Beliau bersabda “Barangsiapa mengerjakan qiyam (shalat) Ramadhan karena iman dan mengharap pahala niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.”

Salah satu bentuk ibadah qiyamul lail yang sangat dianjurkan adalah shalat tarawih. Bukan hanya berpuasa, ciri khas bulan Ramadhan lainnya adalah salat tarawih. 

Shalat sunnah ini hanya ada selama bulan Ramadhan dan dipercaya bisa mendatangkan pahala melimpah bagi hamba yang melaksanakannya. 

Nah itu dia beberapa amalan saat Ramadhan yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan pahala dan keberkahan. Ternyata menjalani bulan suci Ramadhan tidak hanya diisi dengan berpuasa saja. 

Pada bulan penuh berkah ini Anda perlu mengejar pahala sebanyak-banyaknya. Sebab Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. 

Umat muslim yang menyambut Ramadhan dengan sukacita maka akan terbukalah pintu surga khusus untuknya. Bukan hanya sekedar memperoleh pahala, namun mengerjakan amalan sunnah menggunakan sajadah custom travel di bulan Ramadhan juga dapat mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Leave a Comment