Mengenal Sejarah Sajadah yang Biasa Digunakan untuk Alas Sholat

Sebagai umat muslim, tentu Anda harus tahu sejarah sajadah. Terlebih lagi sajadah merupakan salah satu pelengkap ibadah yang memiliki peranan penting bagi kehidupan umat muslim. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sajadah juga mengalami banyak transformasi dan menjadi bagian dalam praktek ibadah sehari-hari. 

Bagi umat muslim, sembahyang dilakukan dengan menundukkan tubuh serendah-rendahnya ke tanah. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan ketidakberdayaan sebagai makhluk dihadapan Tuhan. Kebersihan juga merupakan salah satu syarat utama yang wajib diperhatikan ketika melakukan ibadah. 

Untuk memastikan area ibadah benar-benar bersih, umat muslim biasanya menggunakan karpet atau permadani kecil yang dikenal sebagai sajadah. Umumnya, sajadah terbuat dari benang yang berhiaskan sulaman motif nuansa Islami. Agar lebih jelas, berikut penjelasan tentang sejarah sajadah yang wajib dipahami umat muslim. 

Mengenal Asal-usul Sajadah Sebagai Perangkat Ibadah Umat Muslim

Alas sholat sajadah, Sumber: lazada.co.id
Alas sholat sajadah, Sumber: lazada.co.id

Pada dasarnya, sajadah memiliki sejarah yang cukup panjang dan bermula dari tradisi keagamaan Islam. Lantas sajadah berasal dari negara mana? Kata sajadah sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti tempat sujud. Dalam Al-Quran, sujud merupakan salah satu bentuk ibadah yang diperintahkan Allah kepada umat muslim. 

Sajadah hadir sebagai tempat sujud yang memiliki peranan penting selama menjalankan perintah tersebut. Pada awal perkembangan Islam, sajadah pertama kali digunakan sebagai alas ketika melakukan sujud dalam sholat. Pada masa itu, sajadah terbuat dari bahan alami seperti daun kurma atau kulit binatang. 

Namun seiring dengan perkembangan budaya, bahan-bahan tersebut digantikan dengan bahan lain yang lebih tahan lama dan mudah digunakan. Sajadah juga mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal desain dan bahan. 

Pada era kekhalifahan Umayyah di Damaskus, sajadah sering dihiasi dengan bordir indah dan menggunakan bahan-bahan mewah seperti emas atau sutra. Pada periode tersebut sajadah menjadi simbol kemewahan dan status sosial. Selain itu, sajadah juga menjadi sarana untuk menyampaikan pesan agama dan moral kepada umat muslim. 

Pada zaman dulu, sajadah juga dilengkapi dengan lafal Al-Quran atau kaligrafi yang indah dan menjadi sarana untuk memperkuat serta mengingatkan hubungan individu dengan Allah. Bahkan nilai sajadah bukan hanya sekedar untuk alas sujud saja, namun juga memiliki makna serta nilai yang terkandung di dalamnya. 

Bukan Hanya Perangkat Ibadah, Ini 4 Makna Sajadah

Bukan hanya dijadikan sebagai perangkat untuk melakukan ibadah saja, ternyata sajadah juga memiliki makna yang cukup mendalam. Berikut merupakan beberapa makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 

1. Mengingatkan Umat Muslim akan Kewajibannya 

Kewajiban melaksanakan sholat, Sumber: telemed.ihc.id
Kewajiban melaksanakan sholat, Sumber: telemed.ihc.id

Berdasarkan sejarah sajadah tersebut, perangkat beribadah ini mampu mengingatkan umat muslim akan kewajiban sujud dalam bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah. Penggunaan sajadah mengingatkan umat muslim untuk rendah hati dan menyadari bahwa mereka adalah hamba yang harus tunduk kepada kehendak-Nya.

2. Simbol Kesucian dan Kebersihan

Sajadah juga merupakan simbol dari kesucian dan kebersihan. Sebelum melaksanakan sholat, para umat muslim wajib untuk membersihkan diri dan memastikan sajadah dalam keadaan bersih. Hal ini bertujuan untuk menjaga diri dari segala bentuk najis fisik maupun spiritual. 

3. Melambangkan Rumah Allah di Bumi

Makna sajadah selanjutnya adalah melambangkan rumah Allah di bumi. Dalam tradisi Islam, masjid merupakan tempat suci yang dihormati dan sajadah digunakan sebagai alat untuk berinteraksi dengan tempat tersebut. Sajadah juga dapat memberikan rasa nyaman dan menambah kekhusukan selama menjalankan ibadah. 

4. Mengajarkan Nilai Kesederhanaan dan Rasa Syukur

Tanpa disadari, sajadah juga mengajarkan nilai kesederhanaan dan rasa syukur. Meskipun ada beberapa sajadah mewah dan indah, namun umat muslim tetap dianjurkan untuk tidak terpikat pada materi dan melihat kebesaran Allah di balik kemewahan tersebut. Sajadah juga bisa menjadi pengingat untuk senantiasa bersyukur dan menghargai nikmat yang diberikan-Nya

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Sajadah Bagi Umat Muslim

Fungsi menggunakan sajadah, Sumber: Kewajiban melaksanakan sholat, Sumber: ummattv.com
Fungsi menggunakan sajadah, Sumber: Kewajiban melaksanakan sholat, Sumber: ummattv.com

Setelah mengetahui sejarah sajadah, penting juga untuk tahu fungsi dan manfaat dari sajadah. Sajadah bukan hanya menjadi salah satu hal wajib selama menjalankan ibadah sholat. Namun juga terdapat beberapa peranan dari sajadah yang memiliki kegunaan yang dianjurkan. Berikut merupakan beberapa fungsi dan manfaat sajadah dalam menjalankan sholat. 

1. Menghindari Panas dan Kotoran

Ibadah sholat tidak hanya dilakukan di dalam rumah saja. Pada saat-saat tertentu, Anda juga akan melakukan ibadah sholat di luar rumah atau tanah lapang seperti saat melaksanakan sholat Idul Fitri maupun sholat Idul Adha. 

Biasanya banyak umat muslim yang melaksanakan sholat Idul Fitri maupun sholat Idul Adha di tanah lapang sekitar area masjid. Agar terhindar dari kotoran dan panas, ada baiknya menggunakan alas sajadah agar proses ibadah menjadi lebih sempurna. 

2. Menghindari Najis

Selain bermanfaat sebagai alas, fungsi lain dari sajadah adalah menghalangi seseorang yang akan menjalankan sholat dari najis. Bukan hanya di luar rumah, di dalam rumah juga bisa ditemui najis yang terkadang tidak disadari letaknya. Najis yang dimaksud pada poin ini adalah kotoran dari hewan tikus, cicak, atau bahkan urine anak kecil yang berada di lantai. 

3. Pembatas dari Najis

Perlu untuk dipahami meski letak najis cukup jauh dari jangkauan ketika Anda sedang melaksanakan sholat, namun jika tidak menggunakan sajadah tetap saja hal tersebut dianggap najis. Oleh sebab itu, kegunaan dari sajadah seakan menjadi pembatas yang tidak terlihat dari najis tersebut.

Demikian tadi sejarah sajadah, makna, dan manfaatnya yang wajib dipahami oleh umat Islam. Saat ini sajadah sudah berkembang menjadi banyak tipe dan jenis. Salah satunya sajadah dengan desain unik dan menarik yang bisa Anda pesan melalui Sajadah Custom. Sajadahcustom.com hadir sebagai solusi tepat bagi Anda yang ingin memiliki sajadah unik dan penuh makna.

Leave a Comment